Senin, 05 September 2022

Doa-doa

Doa adalah Salah satu Dari bentuk dzikir, berikut doa-doa yang dirangkum Dari berbagai sumber oleh penulis:
1.Doa minta ampun versi Abu Bakar, doa atas kezaliman:
ALLOOHUMMA INNII ZHOLAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIROO WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA, FAGHFIR LII MAGHFIROTAN MIN ‘INDIK, WARHAMNII INNAKA ANTAL GHOFUURUR ROHIIM.
Artinya: Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang)
2.Doa minta anak saleh
Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardhoohu, wa ashlih lii fii dzurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal muslimiin.
Arti: ya Rabbku, tunjukilah aku untuk I ft mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku dapat berbuat amal shaleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. (Al-Ahqaf [46]: 15
3.Berat di Timbangan mahsyar:
Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim
Arti: Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung
4.doa Nabi zakariyya:
Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a'yunin, waj'alna lil muttaqina imaama.”
(artinya:Ya Tuhanku, anugerahkan kepada kami istri-istri kami beserta keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa).
5.Doa nabi ayub : Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin
Artinya:Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan Engkau adalah Tuhan yang maha penyayang di antara semua penyayang.
6.Doa Nabi Yunus:
“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntum minadz dzaalimiin”.
Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).
7. doa Nabi adam:
Rabbanaa dzolamnaa anfusan wa inlamtaghfir lanaa wa tarhamna lanakuu nanna minalkhosiriin.
Artinya: Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi." (QS. Al-A'raf 23)
8-Doa nabi ibrahim :
8a.Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim.
Artinya: Ya Tuhan kami, terimalah amal dari kami, sungguh Engkaulah yang Maha mendengar dan Maha mengetahui.
8b.Rabbij 'alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii, rabbanaa wa taqabbal du'aa.(QS.Ibrahim:40)
Artinya: “ Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.”(QS. Ibrahim 40)
8c. robbanaagfirlii wali walidayya walil mu'minina yauma yaqumul hisaab(QS.Ibrahim:41) artinya: ya tuhan kami, beri ampun aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukminpada hari terjadinyahisab(di hari kiamat)
9.Doa nabi Sulaiman : Robbi auzi'niii an asykuro ni'matakallatiii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihang tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibaadikash-shoolihiin.
Artinya :"Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."
10. Doa nabi musa:
Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii”
Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.
11-Doa nabi Muhammad: Allahumma Aatinaa fid Dunyaa Hasanah, wa fil Aakhiroti Hasanah, wa Qinaa 'Adzaaban Naar Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa Neraka)".
12.Sayiddul Istighfar Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii, wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa, wa’dika. mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta
Artinya: Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji –Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku
13.Doa taubat nasuha ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.
Artinya: “ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”
14.Doa dalam keraguan:
Aamannaa billahi wa birusulihii."
Artinya: " Kami beriman kepada Allah dan kepada para rasul-Nya."
15.Doa mohon taqwa
Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina
(artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, sifat 'afaf--dijauhkan dari yang haram--, dan al-ghinaa (kecukupan)." (HR. Muslim, no. 2721)
`16.Doa (jika) hasad:
Wallażīna jā`ụ mim ba'dihim yaqụlụna rabbanagfir lanā wa li`ikhwāninallażīna sabaqụnā bil-īmāni wa lā taj'al fī qulụbinā gillal lillażīna āmanụ rabbanā innaka ra`ụfurraḥīm
Arti: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". )
17.Doa ujub : Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.
Artinya: "Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka"
18.Doa nabi Sulaiman, kekayaan tanpa batas : Rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba'dii innaka anta lwahhaab.
Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi." waAllahualam bishawab, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar