Jumat, 22 Februari 2013

5 Bulan + 2 hari, Part 1 (Gelanggang Expo dan Placement test)

Yak :D di postingan kedua ini saya akan berbagi cerita tentang perjalan seorang Irfan Bachdim(baca:Habib Nurrochim :D) saat mengawali berkecimpung di Marching Band UGM(MB UGM) sampa pelantikan utama. Check it out :)
Saat itu gencar-gencarnya maba UGM 2012 cari organisasi ato suatu unit kegiatan mahasiswa, apalagi temenku yang bernama Ihsan, dia adalah seorang berdarah minang yang entah kenapa ngebet banget ngajak aku ke gelanggang mahasiswa karena ada suatu expo karena dia ingin ikut suatu unit di gelanggang mahasiswa, padahal dia sendiri udah ikut di beberapa organisasi dan ukuwah juga, aku itung kurang lebih dia udah daftar di 5 tempat dan dia sekarang mau cari lagi di gelangang. Aku sih sebenarnya ngga tertarik ke Gelanggang expo itu karena aku udah daftar juga di suatu ukuwah yang sepertinya bakalan sibuk disana. Sehabis kuliah hari itu kami ke gelanggang, saat tiba disana kami disambut dengan penampilan MB UGM yang memainkan lagu ‘Yogyakarta’ kalo ngga salah, waw itu sangat menghibur sekali, sampe mrinding dengernya. Sehabis itu kami berkeliling mencari unit apa yang menarik, baru berapa menit nyari eh ihsan ngilang, mungkin dia terlalu semangat nyari UKM, dan setelah sekian lama berkeliling aku tertarik pada beberapa UKM yaitu Mapagama(cz dulu aku sispala), Perisai Diri(dulu juga pernah ikut pas SMP), dan Karawitan(karena kata temenku karawitan tu modal bagus kalo mau go international).
Dan akhirnya ketemu juga si ihsan sambil bawa beberapa brosur, dia ternyata sudah mendaftarkan diri untuk UKM Basket, gila! padahal dia juga udah ikutan basket di Jurusan, dasar anak minang. Kami pun memutuskan untuk pulang, tapi saat melintas di expo bagian selatan kami ditawarin ikutan Marching band sama dua onggok mas-mas (kalo ngga salah sih itu mas Gema ama mas Faisal), kamipun duduk melihat show dari MB UGM via laptop, setelah itu kami disodori formulir terus suruh ngisi, mas-masny bilang : ‘MB UGM taun ini mau ke malaysia lho dik, ayo ikut marching band’. Akupun berpikiran : wah go international, kesempatan ni, tp aku ngga mahir musik -_-. Mas-masnya bilang lagi : ‘udah dik formulirnya diisi dulu sama poto n potokopi ktm sama bayar 10 rb’ tanpa sadar aku pun menurutinya. ‘jangan lupa ya dik ada placement test tanggalny liat brosurnya’ begitu kata mas-mas tadi. Setelah itu kami pun pulang, setelah nyape kos akupun menimbang dan memutuskan untuk mencoba dulu placement test.

 itu brosurnya

Hari terakhir untuk placement test, aku hadir agak kesorean karena habis ada upgrading di ukuwah, kemudain aku disabut oleh seorang mbak-mbak yang bernama Nara(mbak Nara Euphonium???) dari D3 Hukum, dia yang akan menjadi pemanduku untuk placement test ini. Kamipun berbincang-bincang kecil sembari menunggu giliran masuk ruang placement test. Yak, yang pertama colorguad(CG), di bagian CG aku suruh memeragakan beberapa teknik dasar silat saat aku diwawancarai tentang gerakan-gerakan, kemudian disuruh nentuin tempo, dan yang terakhir ngikutin gerakan istruktur sembari bawa flag, kata mbaknya sih aku bagus pas niruin gerakan-gerakan cg. Kemudian ke bagian selanjutnya, Brass!!! Disana aku diwawancari sama mas Made dan mas (lupa namanya) di Brass aku disurh membunyikan beberapa alat ada trumpet, mellophone, baritone dan tuba. Tapi dari semua alat itu aku cuma niup trumpet, mellophone, dan baritone. Pertama aku disuruh niup trumpet, la ila ha illalah ni kenapa trumpet ngga bunyi-bunyi, sampe pipi melendung, perut kembung, muka merah sampe pucet cuma bunyi sekali. Kedua aku disuruh niup mellophone, masih belum bunyi sempurna, kadang bunyi kadang engga, terus dikasih tips tips sama mas made tentang ambasir dan napas perut, tapi tetep aja kadang bunyi kadang engga. Yang ketiga disuruh niup baritone, entah kenapa saat percobaan niup pertama kali baritone langsung bunyi, terus disuruh mas made nentuin tempo lagu, dan aku pun bingung haha.
Kemudain kami berpindah tempat ke ruang lain untuk memainkan instrumen yang lain. Sebenernya aku pengen sekali di MB UGM pegang snere drum, keren gitu, pokoknya aku besok pegang snere!!! dan  ternyata selanjutnya battry, yang wawancara aku mas diaz, pertama suruh nentuin tempo lagu super aneh, yah gimana lagi saat nentuin tu tempo aku pasrah cuma ngikutin ketukan snere drum dari lagu itu, kemudian pegang stick sambil tokcer-an. Aku pun jarang banget mukul bener saat disuruh mas diaz menirukan polanya, akupun pasrah lagi. Impian untuk pegang snere drum pun tinggal angan-angan. Selanjutnya giliran pits, disini ngga disuruh nentuin tempo, langsung  disuruh pegang malet dengan bener dan memainkan instrument sesuai pola yng dilakukan mas-masnya, karena tadi di battry udah ngga bener dan angan-angan snere drum pupus, maka di pits pun aku ngga maksimal, semua pola yang diajarkan salah :’(. Setelah itu ke sesi wawancara akhir yang ditanyai seputar apa yang akan dilakukan/dikontribusikan di MB UGM, aku jawab dengan style-styleku eh malah mbak-mbak yang wawancara malah ketawa, sialan -,-‘’ aku pun pulang sambil berdoa semoga ngga masuk CG, secara tu cowo teknik masuk cg? Oh man, ntar bisa feminin aku.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar