Jumat, 08 Maret 2013

Teori Evolusi Manusia Vs Ilmu Sejarah Vs Al-Quran

Manusia, ya manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna di muka bumi karena mereka memiliki akal(katanya) dan hawa nafsu/peraasaan. Manusia sudah menempati bumi sejak ribuan tahun sebelum masehi, ya itu dikarenakan manusia merupakan khalifah/pemimpin di muka bumi ini. Tetapi saya masih rancu dengan asal usul manusia. Dalam Agama disebutkan dalam Al-Quran bahwa asal usul manusia yang pertama adalah nabi Adam AS, tapi di sisi lain sejarah mengakatakan bahwa asal usul manusia yaitu berawal dari manusia purba, lain lagi dengan teori evolusi yang dicetukskan oleh Charles Darwin. Masalah mengenahi tersebut merupakan hal yang akan menjadi topik postingan kali ini.

 i stop the evolution, haha
Teori evolusi manusia, banyak yang menganutnya dan banyak yang mengabaikanya, karena kurang masuk akal. Termasuk saya, saya tidak menganut teori evolusi manusia Mr. Charles Darwin yang menyatakan bahwa manusia asal usulnya dari kera. Darwin menyatakan teori tersebut pastinya ada dasarnya, dia menemukan fosil yang menurutnya adalah manusia tertua di muka bumi yang menyerupai kera kemudian dia analisis fosil tersebut dan dengan beberapa argumenya dia menyatakan bahwa manusia bernenek moyang kera karena kedekatan DNA. Tapi menurut saya, bisa jadi fosil yang ditemukan oleh Mr Darwin tersebut dahulunya merupakan manusia yang dikutuk oleh Allah menjadi kera, ya itu merupakan umat yahudi yang mempersekutukan Allah. Seperti yang tersebut dalam surah Al Maidah ayat 60 yang artinya : “Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?." Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.”
Ya, dalam ayat tersebut jelas sekali memaparkan bahwa terdapat manusia yang dikutuk menjadi babi dan kera, maka bisa jadi fosil yang ditemukan Darwin adalah manusia yang dikutuk Allah menjadi kera karena dahulu banyak banget umat yahudi di muka bumi yang membangkang Allah. Tapi janganlah kita selalu meyalahkan semua teori yang dicetuskan Mr Darwin, banyak teori lain yang menurut saya merupakan teori yang masuk akal dan rasional, seperti teori tentang seleksi alam. Walaupun teori Darwin mengenai evolusi manusia banyak digugat, tapi kita juga harus berterimakasih kepadanya karena akibat teori beliau muncul teori-teori yang lebih masuk akal. Terimakasih Charles Darwin atas kontroversinya :D.
 tuh kan beda banget manusia dan kera
Selain mengenai teori evolusi diatas, ada kerancuan antara Ilmu sejarah dengan Al-Quran. Dalam ilmu sejarah, asal usul manusia berawal dari zaman batu tua, batu tengah, batu muda, dan zaman logam yang bentuk tubuh manusia dalam masing-masing zaman selalu berbeda. Dimulai dari manusia kerdil (batu tua), kemudian bentuk fisiknya membesar, berkembang dan akhirnya menjadi seperti sekarang. Hal tersebut bertentangan tentang apa yang ada di Al- Quan dan Al-Hadits. Di Al-Quran disebutkan bahwa manusia pertama di muka bumi adalah Adam AS yang diturunkan langsung dari surga, bukan berasal dari zaman batu tua ataupun zaman yang lain. Menurut Rasulullah SAW dalam Hadits, Nabi Adam AS mempunyai tinggi badan 40 hasta, bayangkan betapa besar dan tingginya dia, dan apakah pantas disebut manusia kerdil seperti yang ada pada zaman batu tua? Tentunya tidak. Saya lebih percaya terhadap teori yang ada di dalam Al-Quran karena itu dibuat dengan firman-firman Tuhan, sudah pasti akan kebenaranya(bahkan mutlak benar) daripada teori yang dibuat dari manusia(ciptaan tuhan) yang tak luput dalam kesalahan. Teori tentang zaman purba yang ada dalam islmu sejarah diperoleh berdasarkan penemuan-penemuan fosil yang kemudian dianalisis, metode ini merupakan metode ilmiah. Dalam metode ilmiah hasil penelitiannya tidak berani mengatakan bahwa hasil itu 100% benar, dosen saya di FT UGM yang mengatakan mengenai metode ilmiah ini. 

ini fosil dari situs sangiran
Perkembangan manusia mulai dari Adam, Habil, Nuh, Daud, sampai manusia zaman sekarang mengalami penyusutan, baik dalam ukuran tubuh maupun umurya (dahulu pada saat zaman nabi-nabi terdapat manusia yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun, dan jika dibandingkan dengan sekarang, umur kita hanya 10% dari umur para pendahulu kita, betapa merupakan suatu penyusutan secara drastis). Kesimpulanya adalah terori mengenai evolusi Darwin dan manusia purba adalah bathil karena teorinya dipatahkan oleh dalil-dalil yang ada dalam Al-Quran dan Al-Hadits. Firman Allah tentunya mutlak benar daripada ilmu yang ditemukan oleh manusia. Yak itulah pandangan saya mengenai teori evolusi Darwin dan manusia purba semoga semoga bermanfaat dan saya menguucapkan terimakasih apabila ada koreksi yang lebih benar:D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar