Kamis, 07 Maret 2013

5 Bulan + 2 hari, Part 2 (Pertemuan Perdana dan Latsar 1)

Ahaaa...
        Oktober 2012, latsar perdana, aku telat. Saat tiba di Purna Budaya aku disuruh melihat hasil placement test kemarin, dan hasilnya aku dapet baritone, aku sendiri lupa baritone itu alat yang bentuknya gimana, yaudah langsung aja gabung sama temen-temen yang sudah pada kumpul. Saat kumpul kami diperkenalkan dengan jajaran pengurus MB UGM, banyak banget dan aku lupa semua namanya, yang aku ingat cuma ketua MB UGM, karena dia Teknik, haha, ternyata ada juga anak teknik ngga cuma berpikir konsep dan analisis. Setelah perkenalan kita disuruh kumpul pleton, yang terlintas di pikiraku, pleton apaan? Emang ada pleton, akupun tanya pada teman yang ada disampingku, kalo yang di kertas placement tes paling kiri itu pleton apa ya? Dan dia menjawab, pleton A. Oke jadi pleton A ya...
          Saat kumpul Pleton kami diperkenalkan dengan Tim teknis dan Non teknis latsar, aku ngga apa itu tim teknis dan non teknis, tapi seiring berjalanya waktu aku bisa menjawab pertanyaan itu, tim teknis fokus untuk melatih sction dan drill, sedangkan tim non teknis berfokus untuk mempertahankan bibit-bibit muda penerus MB UGM dan juga memberi ddorongan serta motivasi. Selain itu saat kami kumpul pleton kami juga diberitahu peraturan yang ada selama latsar, dan juga diberitahu untuk segera kumpul pleton lagi untuk menyiapkan peralatan latsar diantaranya alat simulasi, flanel dan sarung tangan. Ada satu hal yang aku ingat dari pembicaraan tim latsar, yaitu dari Mas Gery yang mengatakan “Ada 3 keluarga di MB UGM yaitu Rotasi, Sction, dan Pleton” dia juga mengatakan bahwa pleton merupaka keluarga yang nantinya akan sangat dibutuhkan selama latsar ini, jadi kami harus menjaga pleton ini. O iya, aku sempat berkenalan dengan teman seteknik yang juga dari pleton A, dia bernama Wahyu, pegang alat tuba, dia dari Teknik Elektro, tetangga sebelah, haha.


ini dia yang namanya baritone

         Seharusnya ini kumpul pleton ke-3 pleton A, tapi ini kumpul pleton kedua bagiku, aku ngga ikut kumpul pleton ke-2 karena di kampus lagi banyak kerjaan. Saat kumpul ini aku manfaatin buat kenalan, tapi endingnya cuma beberapa yang aku ingat -,-“, setelah itu kami bagi tugas unuk mencari bahan-bahan alsim, aku kebagian cari bambu dengan Darus, dewi, Prisca, Desti, dan selebihnya aku sudah lupa. Sudah 2 tempat kita sambangi dan hasilnya nihil, kami pun akhirnya mengontak suatu toko bambu yang tempatnya agak masuk ke komplek pemukiman, ya itu di daerah monjali. Setelah dapat bambu kita meluncuk kembali ke purna untuk finisihing pengerjaan alat simulasi, tapi sampai jam 9nan juga tak kunjung selesai jadi akirnya kami menunda dahulu pekerjaan kami untuk diteruskan di kumpul pleton selanjutnya. Dan alat-alat yang belum selesai pengerjaanya tadi di titipkan dulu di kosan Lia.

ini dia perlengkapan yang selalu menemani latsar

     Di kumpul pleton selajutnya kami disuruh menyelesaikan pembuatan alat simulasi, membentuk pengurus pleton, dan juga section sebenernya tapi belum sempat. Dan akhirnya ketua pletonya adalah Mail, section Pit, dari Kimia Fakultas MIPA. Sebelumnya sih sempat tujuk-tunjukan ketua, aku juga pernah ketujuk tapi aku belum siap jadi ketua, sampai akhirnya mail bersedia untuk menjadi ketua.
      Latsar 1, ya ini merupakan latsar sebelum kita dilantik menjadai anggota pemula. Selama latsar aku kebanyakan telat bahkan nelat karena ngampus, istirahat dulu, dan males-malesan. Yah memang baru tahap adaptasi memang sering ditemui istilah males-malesan atau ogah-ogahan menurut saya itu wajar. Dan selama latsar, section brass kelihatan paling aneh dan paling sengsara, ya, itu karena memang kelihatan aneh. Di section lain pada bawa alat alat keren seperti stick malet(untuk section Percussion), CG pun alat simulasinya ngga aneh dan wajar karena nantinya bawa flag, nha kami, bawa bambu super berat licin lagi, itu rasanya super menyiksa. Tapi seiring waktu berjalan semua itu jadi terbiasa, toh semua itu pasti ada esensinya, dan pas drillpun nantinya kami keliatan paling keren saat jalan samping :D. Di sisi lain, selama perjalan latsar pleton kami mengunduran diri untuk menjadi ketua karena alasan kurang bisa berkontribus lebih ke pleton, akhirnya pun tim latsar dan non latsar menunjuk Farid section battrey Elins 2011 untuk menjadi ketua.
       Setiap apel, pleton kami keliatan paling sedikit, aku juga ngga nyampe 85% hadir di latsar 1, itupun ngga hadir dari awal apel, kebanyakan memang telat. Dan kalo telat itu suruh lapor ke Komandan Latsar dahulu sama mas Wari ato mbak Nia sebelum mengikuti latsar. Dan biasanya kalau datang terlambat itu ada konsekuensinya, ya, lari keliling purna lebih banyak darpada yang sebelum apel. Di latsar kami diajari untuk sikap-sikap drill mulai dari siap, istirahat, hormat, sampai mark time. Banyaksekali detail yang harus diperhatikan, materi juga sulit berlanjut karena yang hadir tia hari beda-beda, termasuk aku, hehe. Dan dari semua materi drill aku paling kesulitan saat mark time karena dulu bisanya jala di tempat, pakai balet, pakai tempo, dan banyak detail yang lain. Apalagi akalu drill udah pake alat simulasi, itu paling menyiksa selama latsar 1. Drill yang paing menyiksa itu lencang kanan dan hormat pakai alat simulasi, itu rasanya bahu terbakar 1000 Kelvin, tapi ya jalani aja sampai pelantikan pemula. Untuk di section kami diajari untuk meniup nada pedalton seperti Do Si La Sol, banya juga detail yang harus diperhatikan saat niup nada, mulai dari ambil napas, sampai keluar bunyi “O”(khusus baritone). Aku sering salah napas pake napas dada, yang pahadal pake napas perut, saat up harusnya show man ship tapi masih gemeteran, ambasir juga belum bener, dll. Setelah latsar ada apel pembubaran yang biasanya di isi oleh mas-mbak tim latsar untuk rajin-rajin berangkat latsar. Setelah apel penutupan biasanya kami kumpul Pleton atau kumpul section. Dan pasti pleton kali paling kirik saat yel-yel Pleton.
        Yah itulah suka duka latsar 1, tapi emang banyak dukanya daripada sukanya, pali kalo sukanya tu dapat kenalan lintas fakultas. Memang latsar 1 sulit dilupakan karena saking banyaknya duka, haha becanda ;D . Satu hal yang disampaika tim latsar, yaitu mas Made “ kalian barua ada di masa pahitnya berlatih di MB UGM, kalian belum merasakan kebahagiannya, maka dari itu carilah kebahagiaan dengan aktif diMB UGM” gitu kalo ngga salah, haha. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar